Universitas Udayana Anugerahkan Doctor Honoris Causa pada Peter Agre

Kompas
March 24, 2017

http://regional.kompas.com/read/2017/03/24/21182241/universitas.udayana.anugerahkan.doctor.honoris.causa.pada.peter.agre

Peter Agre, dianugerahi gelar doctor honoris causa oleh Universitas Udayana, Bali, Jumat (24/3/2017).

Peter Agre merupakan peraih nobel tahun 2003 dalam bidang Kimia untuk karya monumentalnya, aquaporins atau saluran-saluran dalam membran sel (channels in cell membranes).

Gelar Dr. (HC) dianugerahkan langsung oleh Rektor Universitas Udayana, Ketut Suastika, Sp. PD. KEMD. melalui sidang senat terbuka. Penganugerahan ini spesial, karena untuk pertama kalinya Udaya memberikan penghargaan doctor honoris causa.

"Ini tentu peristiwa yang sangat monumental, karena sejak berdiri ini pertama kali Universitas Udayana memberikan gelar doctor honoris of causa," kata Suastika.

Suastika mengatakan, augerah ini merupakan bentuk apresiasi terhadap Peter Agre atas prestasinya melalui penemuan yang sangat bermanfaat.

Dalam kesempatan ini, Agre juga membawakan kuliah umum dengan tema "Opening Doors Worldwide through Medical Sciences".

Peter Agre adalah seorang profesor dalam bidang Biological Chemistry dan sekaligus profesor dalam bidang kedokteran di Johns Hopkins University School of Medicine serta sebagai Direktur Johns Hopkins Malaria Research Institute pada Bloomberg School of Public Health di Baltimore.

Peter juga meraih nobel tahun 2003 atas karyanya tentang aquaporins atau saluran-saluran dalam membran sel. Karya ini menggambarkan bagaimana biokimia modern mencapai ke tingkat atom dalam pencariannya untuk memahami proses dasar kehidupan.

Ketertarikannya yang kuat terhadap permasalahan penyakit di negara-negara berkembang telah membuahkan banyak hasil.

Peter Agre sendiri telah menerima l7 honorary doctorate degrees dari Universitas di Denmark, Yunani, Hungaria, Jepang, Meksiko, Norwegia, Polandia dan Amerika, serta penghargaan "the commandership in the Royal Norwegian order of merit" dari HM King Harald V.